Kamis, 18 November 2010

silabus dan rpp Al-Qur'an Hadist

RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
SILABUS
Nama Sekolah : ……
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Standar Kompetensi : Memahami Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Menjelaskan
pengertian
dan fungsi
Al-Qur’an dan
hadis
Pengertian dan
fungsi Al-Qur’an
dan hadis
Penjelasan
tentang pengertian
dan fungsi
Al-Qur’an dan
hadis
Dapat menyebutkan
pengertian dan
fungsi Al-Qur’an
dan hadis
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan
fungsi Al-
Qur’an dan
hadis!
2 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Menjelaskan
cara-cara
memfungsikan
Al-Qur’an dan
hadis
Cara memfungsikan
Al-Qur’an
dan hadis
Penjelasan
tentang cara
memfungsikan
Al-Qur’an dan
hadis
Dapat menyebutkan
cara-cara
memfungsikan
Al-Qur’an dan
hadis
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan cara
memfungsikan
Al-
Qur’an dan
hadis!
2 × 40 menit
3. Menerapkan
Al-Qur’an dan
hadis sebagai
pedoman
hidup umat
Islam
Penerapan Al-
Qur’an dan hadis
sebagai pedoman
hidup umat Islam
Penjelasan tentang
penerapan
Al-Qur’an dan
hadis sebagai
pedoman hidup
umat Islam
Dapat menjelaskan
tentang penerapan
Al-Qur’an dan
hadis sebagai
pedoman hidup
umat Islam
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan cara
penerapan Al-
Qur’an dan
hadis sebagai
pedoman
hidup umat
Islam!
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Standar Kompetensi : Mencintai Al-Qur’an dan hadis
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Menjelaskan
cara mencintai
Al-Qur’an dan
hadis
Cara mencintai
Al-Qur’an dan
hadis
Penjelasan
tentang cara
mencintai
Al-Qur’an dan
hadis
Dapat menyebutkan
cara mencintai
Al-Qur’an dan
hadis
Tes
tertulis
Uraian Bagaimana
cara mencintai
Al-Qur’an
dan hadis?
2 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Menjelaskan
perilaku
orang-orang
yang mencintai
Al-Qur’an
dan hadis
Perilaku orangorang
yang mencintai
Al-Qur’an
dan hadis
Penjelasan
tentang perilaku
orang-orang
yang mencintai
Al-Qur’an dan
hadis
Dapat menyebutkan
perilaku
orang-orang yang
mencintai Al-
Qur’an dan hadis
Tes
tertulis
Uraian Bagaimana
perilaku
orang yang
mencintai Al-
Qur’an dan
hadis?
2 × 40 menit
3. Menerapkan
perilaku
mencintai
Al-Qur’an dan
hadis dalam
kehidupan
Penerapan perilaku
mencintai
Al-Qur’an dan
hadis dalam
kehidupan
Penjelasan
tentang penerapan
perilaku
mencintai
Al-Qur’an dan
hadis dalam
kehidupan
Dapat menjelaskan
tentang
cara penerapan
perilaku mencintai
Al-Qur’an dan
hadis dalam
kehidupan
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan cara
penerapan
perilaku
mencintai Al-
Qur’an dan
hadis dalam
kehidupan!
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd
ulyhiyyah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Memahami
isi kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws,
al-Falaq, dan
al-Ikhlws
tentang tauprd
rubybiyyah
dan tauprd
ulyhiyyah
Isi kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws, al-Falaq
dan al-Ikhlws
tentang tauprd
rubybiyyah
dan
tauprd ulyhiyyah
Penjelasan tentang
memahami
isi kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws,
al-Falaq dan al-
Ikhlws tentang
tauprd rubybiyyah
dan tauprd
ulyhiyyah
Dapat menyebutkan
isi kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws, al-Falaq
dan al-Ikhlws
tauprd rubybiyyah
dan tauprd ulyhiyyah
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan
tauprd
rubybiyyah
dalam Surah
al-Fwtipah!
4 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Menerapkan
isi kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws,
al-Falaq, dan
al-Ikhlws dalam
kehidupan
sehari-hari
Penerapan
kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws, al-Falaq
dan al-Ikhlws
dalam kehidupan
sehari-hari
Penjelasan tentang
penerapan
kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws,
al-Falaq dan
al-Ikhlws dalam
kehidupan
sehari-hari
Dapat menerapkan
kandungan
Surah al-Fwtipah,
an-Nws, al-Falaq
dan al-Ikhlws
dalam kehidupan
sehari-hari
Tes
tertulis
Uraian Bagaimana
cara
menerapkan
kandungan
Surah al-Fwtipah
dalam
kehidupan
sehari-hari?
4 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Standar Kompetensi : Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Menulis hadis
tentang ciri
iman dan
ibadah yang
diterima Allah
Menulis hadis Penulisan hadis
tentang iman
dan ibadah
Dapat menulis
hadis tentang ciri
iman dan ibadah
yang diterima
Allah
Tes
unjuk
kerja
Penugasan Tulis/salinlah
hadis tentang
iman dan
ibadah!
1 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Menerjemahkan
hadis
tentang ciri
iman dan
ibadah yang
diterima Allah
Menerjemahkan
hadis
Penerjemahan
hadis tentang
iman dan
ibadah
Dapat menerjemahkan
hadis
tentang ciri iman
dan ibadah yang
diterima Allah
Tes
unjuk
kerja
Penugasan Terjemahkan
hadis tentang
iman dan
ibadah!
1 × 40 menit
3. Menghafal
hadis tentang
ciri iman dan
ibadah yang
diterima Allah
Menghafal hadis Penghafalan
hadis tentang
iman dan
ibadah
Dapat menghafalkan
hadis
tentang ciri iman
dan ibadah yang
diterima Allah
Tes
unjuk
kerja
Penugasan Hafalkan
hadis tentang
iman dan
ibadah!
2 × 40 menit
4. Menjelaskan
keterkaitan
isi kandungan
hadis tentang
iman dan
ibadah dalam
fenomena
kehidupan dan
akibatnya
Keterkaitan isi
kandungan hadis
tentang ciri iman
dan ibadah yang
diterima Allah
Penjelasan
keterkaitan
isi kandungan
hadis tentang
iman dan
ibadah
Dapat menjelaskan
keterkaitan
hadis tentang ciri
iman dan ibadah
yang diterima
Allah
Tes lisan Uraian Bagaimana
keterkaitan
hadis tentang
iman dan
ibadah yang
kalian pelajari?
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
5. Menerapkan
isi kandungan
hadis tentang
ciri iman dan
ibadah yang
diterima Allah
Kandungan
hadis tentang ciri
iman dan ibadah
yang diterima
Allah
Penjelasan
penerapan isi
kandungan
hadis tentang
ciri iman dan
ibadah yang
diterima Allah
Dapat menyebutkan
cara menerapkan
hadis
tentang ciri iman
dan ibadah yang
diterima Allah
Tes lisan Uraian Bagaimana
penerapan
hadis tentang
iman dan
ibadah yang
diterima
Allah dalam
kehidupan
sehari-hari?
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
SILABUS
Nama Sekolah : ……
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Standar Kompetensi : Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
Menerapkan
hukum bacaan
mim sukun
dalam Surah
al-Bayyinah dan
al-Kwfiryn
Hukum bacaan
mim sukun
dalam Surah
al-Bayyinah dan
al-Kwfiryn
Menerapkan
hukum bacaan
mim sukun
dalam Surah al-
Bayyinah dan
al-Kwfiryn
Dapat menerapkan
hukum bacaan
mim sukun dalam
Surah al-Bayyinah
dan al-Kwfiryn
Tes
unjuk
kerja
Penugasan Bacalah
Surah al-
Bayyinah dan
al-Kwfiryn
dengan
menerapkan
hukum
bacaan mim
sukun secara
benar!
4 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 Standar Kompetensi :
Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang toleransi
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Memahami
isi kandungan
Surah al-
Kwfiryn
dan
al-Bayyinah
tentang toleransi
Kandungan
Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah
tentang toleransi
Penjelasan tentang
kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang toleransi
Dapat memahami
isi kandungan
Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah
tentang toleransi
dalam kehidupan
sehari-hari
Tes lisan Uraian Jelaskan
bentuk sikap
toleransi
sesuai isi
kandungan
Surah al-Kwfiryn!
4 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Memahami
keterkaitan
isi kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang
membangun
kehidupan
umat beragama
dalam
fenomena
kehidupan
Keterkaitan isi
kandungan Surah
al-Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang membangun
kehidupan
umat beragama
dalam fenomena
kehidupan
Penjelasan
tentang keterkaitan
isi kandungan
Surah
al-Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang
membangun
kehidupan
umat beragama
dalam fenomena
kehidupan
Dapat memahami
keterkaitan
isi kandungan
Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah
tentang membangun
kehidupan
umat beragama
dalam fenomena
kehidupan
Tes lisan Uraian Jelaskan
keterkaitan
isi kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah!
2 × 40 menit
3. Menerapkan
isi kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang toleransi
dalam
kehidupan
sehari-hari
Penerapan isi
kandungan Surah
al-Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang toleransi
dalam kehidupan
sehari-hari
Penjelasan tentang
penerapan
isi kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang
toleransi dalam
kehidupan
sehari-hari
Dapat menerapkan
isi kandungan
Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah
tentang toleransi
dalam kehidupan
sehari-hari
Tes lisan Uraian Sebutkan tiga
penerapan isi
kandungan
Surah al-
Kwfiryn dan
al-Bayyinah
tentang toleransi
dalam
kehidupan
sehari-hari!
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Teknik Belajar
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1. Memahami
isi kandungan
Surah al-
Lahab dan an-
Nasr tentang
problematika
dakwah
Surah al-Lahab
dan an-Nasr tentang
problematika
dakwah
Penjelasan
tentang isi kandungan
Surah
al-Lahab dan
an-Nasr tentang
problematika
dakwah
Dapat menyebutkan
kandungan
Surah al-Lahab
dan an-Nasr tentang
problematika
dakwah
Tes
tertulis
Uraian Jelaskan
problematika
dakwah yang
terkandung
dalam Surah
al-Lahab dan
an-Nasr!
2 × 40 menit - Buku
Pema­haman
Al-Qur’an
dan Hadis
1 untuk
Kelas VII
Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT. Tiga
Serangkai
Solo
- LKS PAI
Madrasah
Tsanawiyah
- Buku
lain yang
relevan
2. Menerapkan
kandungan
Surah al-
Lahab dan
an-Nasr dalam
kehidupan
sehari-hari
Penerapan
kandungan
Surah al-Lahab
dan an-Nasr
dalam kehidupan
sehari-hari
Penjelasan tentang
kandungan
Surah al-Lahab
dan an-Nasr
dalam kehidupan
sehari-hari
Dapat menjelaskan
tentang penerapan
kandungan Surah
al-Lahab dan
an-Nasr dalam
kehidupan seharihari
Tes
tertulis
Uraian Bagaimana
penerapan Al-
Qur’an Surah
al-Lahab
dan an-Nasr
tentang
problematika
dakwah?
2 × 40 menit
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan hadis
Indikator : Dapat menyebutkan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan
hadis
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian Al-Qur’an dan hadis.
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi Al-Qur’an dan hadis.
II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Al-Qur’an secara bahasa dan istilah
2. Pengertian hadis secara bahasa dan istilah
3. Fungsi Al-Qur’an dan hadis bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Tutor sebaya
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel-
ajaran
untuk menarik perhatian siswa.
b. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjadi tutor sebaya dalam
membaca ayat-ayat Al-Qur’an.
c. Siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan pengertian Al-Qur’an, baik secara bahasa maupun
istilah.
b. Siswa membaca ayat Al-Qur’an (dalil naqli) dengan bantuan tutor
sebaya.
c. Guru menjelaskan arti hadis, baik secara bahasa maupun istilah.
d. Untuk menghilangkan kejenuhan, guru memberi kesempatan tanya
jawab kepada siswa.
10 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
3. Kegiatan Penutup
a. Untuk mengetahui kemampuan daya serap siswa, guru menyampaikan
beberapa pertanyaan sekitar materi pembelajaran yang telah
dibahas.
b. Guru menyimpulkan inti materi pembelajaran.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Jelaskan pengertian Al-Qur’an, baik secara bahasa maupun istilah!
b. Mengapa Al-Qur’an dikatakan sebagai peninggalan terbesar Nabi
Muhammad saw.?
c. Sebutkan tiga nama lain dari Al-Qur’an!
d. Terdiri dari berapa unsurkah hadis itu? Sebutkan!
e. Dengan Al-Qur’an, manusia dikeluarkan dari kegelapan menuju
jalan yang terang benderang. Apa maksudnya?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 11
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar : Menjelaskan cara-cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis
Indikator : Dapat menyebutkan cara-cara memfungsikan Al-Qur’an
dan hadis
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan cara-cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis.
II. Materi Pembelajaran
Cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman:
1. dalam kehidupan pribadi;
2. dalam kehidupan berumah tangga;
3. dalam kehidupan bermasyarakat;
4. dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;
5. hakim dalam menyelesaikan suatu perkara.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Tutor sebaya
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa sekitar materi
pembelajaran sebagai upaya menarik perhatian.
b. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjadi tutor sebaya dalam
membaca ayat-ayat Al-Qur’an
c. Siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan cara-cara memfungsikan Al-Qur’an dan hadis
dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara
serta sebagai hakim dalam menyelesaikan suatu perkara.
b. Untuk menghilangkan kejenuhan, guru menyampaikan selingan
tanya jawab.
12 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
c. Guru memberi kesempatan tutor sebaya bagi siswa yang belum
lancar dalam membaca ayat-ayat Al-Qur’an maupun hadis.
d. Siswa membuat catatan hal-hal yang dirasa penting untuk bahan
tanya jawab.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru membuat simpulan uraian materi pembahasan.
b. Guru menyampaikan pesan-pesan agar siswa berusaha memfungsikan
Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Dalam hal apakah kita memfungsikan Al-Qur’an dan hadis?
b. Kemukakan contoh memfungsikan Al-Qur’an dalam kehidupan
sehari-hari!
c. Kemukakan sebuah contoh memfungsikan hadis dalam kehidupan
sehari-hari!
d. Bagaimana hukum orang Islam yang tidak mau menggunakan Al-
Qur’an sebagai pedoman hidupnya?
e. Dalam urusan apakah kita diwajibkan musyawarah?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 13
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 3
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar : Menerapkan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
umat Islam
Indikator : Dapat menjelaskan tentang penerapan Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup umat Islam
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan cara menerapkan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup umat Islam.
II. Materi Pembelajaran
Cara menerapkan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat Islam
dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, dan negara.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah 3. Tanya jawab
2. Diskusi 4. Tutor sebaya
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembel-
ajaran.
Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa terhadap
materi pembelajaran.
b. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sebagai persiapan
diskusi.
c. Pada masing-masing kelompok, ada satu atau dua siswa yang ditu-
gasi
sebagai tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan cara menerapkan Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup umat Islam.
b. Semua kelompok memusatkan perhatian terhadap uraian yang disampaikan
guru.
c. Guru menyampaikan pertanyaan sebagai selingan untuk menghilangkan
kejenuhan.
14 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
d. Guru memberi kesempatan kepada tutor sebaya untuk membaca
ayat-ayat Al-Qur’an ataupun hadis.
e. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika masih
ada hal-hal yang belum dipahami.
b. Guru menyimpulkan uraian materi pembelajaran dan menyampaikan
pesan agar semua siswa berusaha untuk menerapkan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup sesuai kemampuan masing-masing.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Sebutkan dua macam cara penerapan Al-Qur’an bagi pelajar muslim!
b. Salah satu cara menerapkan Al-Qur’an dalam kehidupan adalah
mempelajari ayat-ayat kauniyah. Apakah yang dimaksud ayat-ayat
kauniyah?
c. Kemukakan dua contoh penerapan Al-Qur’an dalam kehidupan keluarga!
d. Kemukakan sebuah contoh penerapan hadis dalam kehidupan sehari-
hari!
e. Sebutkan dalil yang menjadi landasan/dasar kehidupan bermasyarakat
dan bernegara!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 15
Kunci Bab I (Al-Qur’an dan Hadis sebagai Pedoman Hidup)
A. Pilihan ganda
1. d 6. b 11. a 16. d
2. a 7. a 12. b 17. b
3. c 8. b 13. b 18. c
4. c 9. a 14. a 19. b
5. b 10. d 15. a 20. d
B. Uraian
1. secara bahasa, Al-Qur’an berarti bacaan. Secara istilah, Al-Qur’an ialah
kalam Allah swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dengan
perantaraan Malaikat Jibril.
2. segala ucapan, perbuatan, dan takrir Nabi Muhammad saw. yang berkaitan
dengan hukum.
3. sebagai petunjuk bagi manusia, keterangan dari petunjuk, dan pembeda
antara yang hak dan yang batal
4. diharamkannya beberapa jenis hewan yang berkuku dan/atau bertaring
kuat
5. kabar gembira bagi orang-orang yang beriman karena di dalam Al-
Qur’an dijelaskan pahala yang besar kelak di surga bagi orang-orang
yang beriman, sebaliknya Al-Qur’an juga menerangkan ancaman siksa
bagi orang-orang kafir
6. a. sebagai seorang muslim kita selalu meninggalkan perbuatan haram
sesuai petunjuk Al-Qur’an
b kita harus selalu berbuat baik kepada tetangga seperti yang
dicontohkan Nabi Muhammad saw.
7. menyelesaikan sengketa warisan dengan menerapkan hukum mawaris
dalam Islam
8. Al-Qur’an menyatakan bahwa semua orang yang beriman wajib menunaikan
salat Jum’at, sedangkan hadis menyatakan ada empat golongan yang
tidak diwajibkan melaksanakan salat Jum’at
9. - keikutsertaan umat Islam dalam merebut kemerdekaan Indonesia
dari penjajah
- keikutsertaan umat Islam dalam merumuskan pembukaan UUD
1945
- banyaknya umat Islam yang duduk dalam jajaran pejabat pemerintah
dalam mengisi kemerdekaan
10. hadis menjelaskan bagaimana tata cara melaksanakan salat karena hal itu
tidak diterangkan dalam Al-Qur’an
16 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 4
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Mencintai Al-Qur’an dan hadis
Kompetensi Dasar : Menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan hadis
Indikator : Dapat menyebutkan cara mencintai Al-Qur’an dan hadis
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan cara mencintai Al-Qur’an dan hadis.
2. Siswa mampu menyebutkan dalil tentang perintah mencintai Al-Qur’an dan
hadis.
3. Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk mencintai Al-Qur’an dan
hadis.
II. Materi Pembelajaran
1. Cara mencintai Al-Qur’an dan hadis
2. Dalil tentang perintah mencintai Al-Qur’an dan hadis
3. Menyebutkan bentuk-bentuk mencintai Al-Qur’an dan hadis
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Tutor sebaya
4. Diskusi
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembelajaran
yang hendak dibahas untuk menarik perhatian siswa
b. Guru menunjuk beberapa siswa yang dipersiapkan menjadi tutor
sebaya
c. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk persiapan
diskusi.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang
cara mencintai Al-Qur’an.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 17
b. Guru menjelaskan serta meluruskan simpulan diskusi yang kurang
tepat.
c. Siswa membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berisi perintah untuk
mencintai Al-Qur’an dengan tutor sebaya.
d. Guru membetulkan bacaan siswa yang salah atau kurang bagus.
3. Kegiatan penutup
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila
masih ada hal-hal yang kurang jelas.
b. Guru menyimpulkan hasil diskusi dengan pesan agar siswa membiasakan
berperilaku sebagai orang yang mencintai Al-Qur’an dan
hadis.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Penugasan
3. Instrumen
a. Mengapa kita perlu mencintai Al-Qur’an?
b. Bagaimana cara kita mencintai Al-Qur’an?
c. Mengapa kita perlu mencintai hadis?
d. Bagaimana cara kita mencintai hadis?
e. Pada Surah qli ‘Imrwn Ayat 31 terdapat syarat dan jawab. Sebutkan
syarat dan jawab yang dimaksud!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
18 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Mencintai Al-Qur’an dan hadis
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan perilaku orang-orang yang mencintai Al-
Qur’an dan hadis
2. Menerapkan perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis
dalam kehidupan
Indikator : 1. Dapat menyebutkan perilaku orang-orang yang mencintai
Al-Qur’an dan hadis
2. Dapat menjelaskan tentang cara penerapan perilaku
mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan manfaat mencintai Al-Qur’an dan hadis.
2. Siswa mampu menyebutkan perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an
dan hadis.
II. Materi Pembelajaran
1. Manfaat mencintai Al-Qur’an dan hadis
2. Perilaku orang yang mencintai Al-Qur’an dan hadis
III. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tutor sebaya
3. Ceramah
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil untuk persiapan
diskusi.
b. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menjadi tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan bimbingan guru, kelompok-kelompok siswa mengadakan
diskusi tentang manfaat mencintai Al-Qur’an dan hadis.
b. Guru memberi kesempatan kegiatan tutor sebaya untuk mambaca
dalil-dalil naqli.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 19
c. Bersama siswa, guru membahas simpulan diskusi dari masing-masing
kelompok.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi kesempatan tanya jawab hal-hal yang belum jelas.
b. Guru menyimpulkan hasil diskusi dengan pesan agar siswa membiasakan
berperilaku sebagai orang yang mencintai Al-Qur’an dan
hadis.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Apa manfaat mencintai Al-Qur’an dan hadis menurut SurahYynus
Ayat 57?
b. Dengan mencintai Al-Qur’an, manusia akan selamat dari kesesatan
hidup. Tunjukkan dalil yang menyatakan hal itu!
c. Sebutkan tiga hal yang mencerminkan sikap orang yang mencintai
Al-Qur’an!
d. Mengapa kita perlu mencintai hadis Nabi Muhammad saw.?
e. Firman Allah swt. dalam Surah qli ‘Imrwn Ayat 3l mengandung
syarat dan jawab. Sebutkan syarat dan jawab yang terdapat di
dalamnya!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
20 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Kunci Bab II (Mencintai Al-Qur’an dan Hadis)
A. Pilihan ganda
1. c 2. d 3. b 4. c 5. c
6. d 7. a 8. c 9. b 10. c
B. Uraian
1. selalu senang untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran yang ada di
dalamnya
2. karena Al-Qur’an sebagai pedoman hidup orang Islam yang dapat
membawa keselamatan dari azab Allah
3. rajin membaca, memahami isinya, dan mengamalkan ajarannya dalam
kehidupan
4. jika kita mencintai Allah (Al-Qur’an), kita harus mengikuti petunjuk
Rasulullah saw. (hadis) sehingga keduanya tidak mungkin untuk dipisahkan
karena sebagai pedoman hidup seorang muslim
5. mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan
sehari-hari
6. kita boleh melakukan sesuatu asalkan tidak melanggar hukum Al-Qur’an
dan hadis
7. Al-Qur’an dapat menjadi obat penyakit hati, sebagai petunjuk, dan rahmat
bagi orang-orang yang beriman
8. memahami dan mengamalkan petunjuk yang ada dalam Al-Qur’an dan
hadis semaksimal kita
9. orang yang mau mengikuti petunjuk Allah tidak akan tersesat dan tidak
akan celaka
10. membaca Al-Qur’an secara rutin setiap hari (walau hanya sedikit)
dan mempelajari beberapa hadis (misalnya yang terdapat dalam buku
pelajaran)
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 21
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang tauprd rubybiyyah dan
tauprd ulyhiyyah
Kompetensi Dasar : 1. Memahami isi kandungan Surah al-Fwtipah dan an-
Nws tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah
2. Menerapkan isi kandungan Surah al-Fwtipah dan an-
Nws dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Dapat menyebutkan isi kandungan Surah al-Fwtipah
dan an-Nws tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd
ulyhiyyah
2. Dapat menerapkan kandungan Surah al-Fwtipah dan
an-Nws dalam kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan isi kandungan Surah al-Fwtipah dan an-Nws
tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah.
2. Siswa mampu menerapkan kandungan Surah al-Fwtipah dan an-Nws
dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
Surah al-Fwtipah dan an-Nws tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Tutor sebaya
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar tauprd rubybiyyah
dan tauprd ulyhiyyah. Langkah ini dilakukan untuk menarik
perhatian siswa terhadap meteri pembelajaran yang hendak dibahas.
22 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
b. Guru menunjuk beberapa siswa yang mampu membaca Al-Qur’an
dengan baik untuk menjadi tutor sebaya.
c. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk
mempersiapkan pelaksanaan tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tutor
sebaya selama seperempat jam atau lebih.
b. Guru menjelaskan isi kandungan Surah al-Fwtipah dan an-Nws
tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah.
c. Untuk menghindari kejenuhan, guru menyampaikan selingan tanya
jawab.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi kesempatan terakhir kepada siswa yang ingin
menanyakan sesuatu yang belum jelas terkait dengan materi
pembelajaran.
b. Guru menyimpulkan uraian tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd
ulyhiyyah yang terdapat dalam Surah al-Fwtipah dan an-Nws.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Jelaskan pengertian tauprd rubybiyyah!
b. Jelaskan pengertian tauprd ulyhiyyah!
c. Sebutkan ayat pada Surah al-Fwtipah yang mengandung tauprd
rubybiyyah!
d. Sebutkan pula ayat yang mengandung tauprd ulyhiyyah dalam
Surah al-Fwtipah!
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 23
e. Sebutkan ayat dalam Surah an-Nws yang mengandung tauprd
ulyhiyyah!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
24 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang tauprd rubybiyyah dan
tauprd ulyhiyyah
Kompetensi Dasar : 1. Memahami isi kandungan Surah al-Falaq dan al-Ikhlws
tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah
2. Menerapkan isi kandungan Surah al-Falaq dan al-
Ikhlws dalam kehidupan sehari-hari
Indikator : 1. Dapat menyebutkan isi kandungan Surah al-Falaq
dan al-Ikhlws tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd
ulyhiyyah
2. Dapat menerapkan kandungan Surah al-Falaq dan al-
Ikhlws dalam kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan isi kandungan Surah al-Falaq dan al-Ikhlws
tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah.
2. Siswa mampu menerapkan kandungan Surah al-Falaq dan al-Ikhlws
dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
Surah al-Falaq dan al-Ikhlws tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah 3. Tutor sebaya
2. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar tauprd rubybiyyah
dan tauprd ulyhiyyah, sebagaimana pertemuan pertama. Langkah
ini untuk menarik perhatian siswa terhadap materi pembelajaran
yang hendak dibahas.
b. Guru menunjuk beberapa siswa yang mampu membaca Al-Qur’an
dengan baik untuk menjadi tutor sebaya.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 25
c. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk mempersiapkan
pelaksanaan tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melaksanakan tutor
sebaya selama seperempat jam atau lebih.
b. Guru menjelaskan isi kandungan Surah al-Falaq dan al-Ikhlws
tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd ulyhiyyah.
c. Untuk menghindari kejenuhan, guru menyampaikan selingan tanya
jawab.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi kesempatan terakhir kepada siswa yang ingin menanyakan
sesuatu yang belum jelas terkait dengan materi pembelajaran.
b. Guru menyimpulkan uraian tentang tauprd rubybiyyah dan tauprd
ulyhiyyah yang terdapat dalam Surah al-Falaq dan al-Ikhlws.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Sebutkan ayat (dalam Surah al-Falaq) yang mengandung tauprd
rubybiyyah!
b. Bagaimana seharusnya sikap kita berkaitan dengan Surah al-Falaq
Ayat 1?
c. Jelaskan kandungan Surah al-Ikhlws!
d. Kata al-Ikhlws berarti murni. Apa maksudnya?
e. Apa maksud Surah al-Ikhlws Ayat 2?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
26 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Kunci Bab III (Tauprd Rubybiyyah dan Ulyhiyyah)
A. Pilihan ganda
1. a 6. d 11. a 16. a
2. b 7. a 12. a 17. a
3. d 8. a 13. a 18. b
4. a 9. a 14. b 19. c
5. d 10. a 15. c 20. d
B. Uraian
1. mendakwahkan agama tauhid
2. semua agama yang didakwahkan para rasul mengajarkan tentang keesaan
Allah swt.
3. misi Nabi Muhammad saw. sebagai penyempurna agama yang didakwahkan
para rasul sebelumnya
4. Allah swt. sebagai Pencipta, Pemilik, Penguasa, dan Pengatur alam semesta
5. hanya Allah satu-satunya zat yang mencipta, memiliki, mengatur, dan
menguasai alam semesta ini
6. hanya Allah satu-satunya yang pantas untuk diibadahi atau disembah
7. ada, buktinya banyak orang Islam yang tidak atau belum mau melaksanakan
ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
8. tauprd rubybiyyah karena ayat tersebut berisi perintah untuk berlindung
kepada pencipta manusia
9. tauprd rubybiyyah karena ayat tersebut menyatakan bahwa Allah swt.
sebagai raja manusia
10. Ayat 1 dan 2 berisi tauprd rubybiyyah, sedangkan ayat 3 berisi tauprd
ulyhiyyah
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 27
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang
diterima Allah
Kompetensi Dasar : 1. Menulis hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah
2. Menerjemahkan makna hadis tentang ciri iman dan
ibadah yang diterima Allah
Indikator : 1. Dapat menulis hadis tentang ciri iman dan ibadah yang
diterima Allah
2. Dapat menerjemahkan hadis tentang ciri iman dan
ibadah yang diterima Allah
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menulis hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah dengan baik dan benar.
2. Siswa mampu menerjemahkan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang
diterima Allah dengan baik dan benar.
II. Materi Pembelajaran
1. Hadis riwayat Ibnu Majah dari Ali bin Abi Talib
2. Hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
3. Hadis riwayat Muslim dari Abi Hurairah
4. Hadis riwayat al-Bazar dari ad-Dahaq
III. Metode Pembelajaran
1. Tutor sebaya
2. Demonstrasi
3. Penugasan
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menunjuk beberapa siswa yang telah pandai menulis huruf
Arab untuk menjadi tutor sebaya.
b. Untuk pelaksanaan tutor sebaya, siswa dibagi ke dalam beberapa
kelompok kecil yang masing-masing didampingi oleh tutor sebaya.
28 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan kepada tutor sebaya untuk menulis hadis
dengan kaidah penulisan yang benar.
b. Selesai tutor sebaya, satu per satu siswa menulis hadis dan diberi
nilai oleh guru.
c. Guru memperhatikan tulisan siswa pada masing-masing kelompok.
3. Kegiatan Penutup
a. Pada akhir kegiatan, guru memberi kesempatan tanya jawab tentang
teori penulisan huruf Arab yang benar dan baik.
b. Guru menyampaikan pesan agar kegiatan menulis Arab dibiasakan
setiap hari meskipun sedikit.
Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyuruh salah seorang siswa yang telah mampu menerjemahkan
untuk menjadi tutor sebaya dalam menerjemahkan satu
atau dua hadis.
b. Guru memberi dorongan kepada siswa agar mereka gemar menerjemahkan
bahasa Arab.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menerjemahkan secara lafziah (per lafal) semua materi pembelajaran.
b. Siswa mengikuti secara cermat dan membuat catatan khusus yang
diperlukan.
c. Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa tentang terjemahan
hadis yang belum dipahami.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi kesempatan terakhir kepada siswa untuk menanyakan
terjemahan lafal yang belum dipahami.
b. Guru menjelaskan keuntungan bagi orang yang mampu menerjemahkan
bahasa Arab, baik Al-Qur’an maupun hadis untuk menarik
keinginan siswa memahami bahasa Arab.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 29
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Penugasan
3. Instrumen
a. Tulislah beberapa hadis (dalam buku materi) ke dalam buku tulismu
masing-masing!
b. Terjemahkan hadis nomor 1 ke dalam bahasa Indonesia!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
30 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 13
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah
Kompetensi Dasar : Menghafal hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah
Indikator : Dapat menghafalkan hadis tentang ciri iman dan ibadah
yang diterima Allah
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menghafal hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah.
II. Materi Pembelajaran
1. Hadis riwayat Ibnu Majah dari Ali bin Abi Talib
2. Hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab
3. Hadis riwayat Muslim dari Abi Hurairah
4. Hadis riwayat al-Bazar dari ad-Dahaq
III. Metode Pembelajaran
1. Tutor sebaya
2. Demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menjelaskan kepada siswa tentang manfaat dan keutamaan
menghafal hadis.
b. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil untuk
persiapan tutor sebaya.
c. Guru menunjuk beberapa siswa yang memiliki hafalan baik untuk
menjadi tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan siswa untuk melaksanakan tutor sebaya.
b. Guru memberi contoh hafalan beberapa hadis sebagai pendorong
semangat siswa untuk ikut menghafalnya.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 31
c. Guru menugasi siswa secara bergiliran untuk menghafal hadis tentang
ciri iman dan ibadah yang diterima Allah.
d. Siswa yang sudah mampu menghafal, diminta membantu siswa
yang belum mendapat giliran menghafal.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menyampaikan komentar terhadap hafalan siswa dan memberi
apresiasi secara moral kepada siswa yang sudah menghafal secara
baik. Adapun siswa yang belum mampu menghafal secara baik tetap
diberi dorongan moral agar pada lain hari dapat menghafal secara
baik.
b. Guru mengajak siswa secara bersama-sama untuk menghafal beberapa
hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Penugasan
3. Instrumen
Hafalkan secara bergantian beberapa hadis tentang ciri iman dan ibadah
yang diterima Allah!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
32 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke- : 14
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah
Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang
iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
2. Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman
dan ibadah yang diterima Allah
Indikator : 1. Dapat menjelaskan keterkaitan hadis tentang ciri iman
dan ibadah yang diterima Allah
2. Dapat menyebutkan cara menerapkan hadis tentang
ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menyebutkan keterkaitan isi kandungan hadis tentang ciri
iman dan ibadah yang diterima Allah dalam fenomena kehidupan dan
akibatnya.
2. Siswa mampu menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan
ibadah yang diterima Allah dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
1. Uraian isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
2. Penerapan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah dalam kehidupan sehari-hari.
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembelajaran.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 33
b. Siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ini.
c. Siswa membentuk kelompok-kelompok kecil sebagai persiapan diskusi.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menguraikan isi kandungan hadis tentang ciri keimanan dan
ibadah yang diterima Allah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
b. Untuk menghindari kejenuhan, guru menyampaikan pertanyaan sebagai
selingan.
c. Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini dan mencatat hal-hal
yang dirasa perlu untuk dimintakan penjelasan dari guru.
d. Siswa mendiskusikan penerapan isi kandungan hadis tentang ciri
iman dan ibadah yang diterima Allah dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kegiatan Penutup
a. Sebagai akhir kegiatan, guru memberi kesempatan bertanya kepada
siswa tentang materi pembelajaran yang belum dipahami.
b. Guru menyampaikan pesan agar siswa berusaha untuk menerapkan
isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima
Allah dalam kehidupan sehari-hari.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes lisan
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Apa makna hadis yang pertama (riwayat Ibnu Majah dari Ali bin
Abi Talib)?
b. Adakah perbedaan isi hadis pertama dengan hadis kedua? Jelaskan!
c. Bagaimanakah keterkaitan isi kandungan hadis kedua dengan hadis
ketiga?
34 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
d. Jelaskan secara singkat isi hadis keempat!
e. Bagaimana seharusnya kita beramal sesuai hadis keempat?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
Kunci Bab IV (Iman dan Ibadah)
A. Pilihan Ganda
1. c 6. a 11. c
2. a 7. d 12. b
3. b 8. c 13. d
4. d 9. d 14. c
5. c 10. b 15. b
B. Uraian
1. a. Áläa<öäæ gjQp läBfeäæ dq]p èf^eäæ ÖY=Ri läj}öã
b. Iman itu dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan
dengan perbuatan.
2. ada karena iman sebagai salah satu syarat diterimanya peribadatan dan
peribadatan merupakan wujud keimanan seseorang
3. ibadah tidak akan diterima Allah swt.
4. Ár=Ep rR5 <9^eäæ oiÒ%p =5vã hq~eãp ufA<p uç&ap u&bywip êäæ oiÒ% lã läj}vã
5. karena ingin memberi pelajaran kepada para sahabat yang ada di dekat
Rasulullah saw. saat itu
6. berarti ia sudah tidak memiliki tanda-tanda orang yang beriman
7. seorang siswa yang memperpanjang salatnya agar dinilai khusyuk oleh
Bapak atau Ibu Gurunya
8. iman tersebut tidak berarti sama sekali karena iman harus diwujudkan
dalam perbuatan
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 35
9. Allah hanya akan menerima amal yang dilakukan ikhlas karena-Nya
10. malu untuk berkata atau berbuat yang tidak baik
Kunci Latihan Ulangan Umum Semester I
A. Pilihan ganda
1. d 11. d 21. c 31. a
2. b 12. d 22. b 32. b
3. c 13. a 23. c 33. b
4. a 14. b 24. a 34. b
5. a 15. c 25. b 35. a
6. b 16. d 26. a 36. a
7. b 17. a 27. a 37. c
8. c 18. a 28. a 38. b
9. b 19. b 29. b 39. d
10. b 20. b 30. c 40. b
B. Uraian
1. Kalam Allah swt. yang diditurunkan kepada Nabi Muhammad saw.
dengan perantara Malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya
2. segala ucapan, perbuatan, dan takrir yang disandarkan kepada Nabi
Muhammad saw.
3. a. sebagai pembatas keumuman maksud ayat Al-Qur’an
b. menafsirkan maksud ayat Al-Qur’an yang masih mujmal (global)
c. sebagai penetapan hukum yang belum ditetapkan dalam Al-Qur’an
4. Al-Qur’an dan hadis adalah dua wariskan Rasulullah saw. Jika kita mau
berpegang pada keduanya, niscaya tidak akan tersesat selama-lamanya
5. memperoleh petunjuk-petunjuk dari keduanya sehingga hidupnya selalu
mendapat rida Allah swt.
6. terdapat pada ayat kedua, yaitu o~jfReã å< ê 9j2eã
7. terdapat pada ayat ketiga, yaitu @äneã uîeã
8. iman itu dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diwujudkan
dalam perbuatan
9. iman sebagai salah satu syarat diterimanya ibadah seseorang
10. tidak benar karena Islam mendidik umatnya agar beramal dengan pamrih
mencari rida Allah swt. atau semata-mata menaati perintah-Nya
36 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Surah al-
Bayyinah dan al-Kwfiryn
Indikator : Dapat menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Surah
al-Bayyinah dan al-Kwfiryn
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam Surah al-Bayyinah
dan al-Kwfiryn.
II. Materi Pembelajaran
Penjelasan tentang hukum bacaan mim sukun dalam Surah al-Bayyinah dan
al-Kwfiryn
III. Metode Pembelajaran
1. Tutor sebaya 3. Tanya jawab
2. Ceramah
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menunjuk beberapa siswa yang telah baik dan lancar membaca
Al-Qur’an untuk menjadi tutor sebaya.
b. Untuk menarik perhatian siswa, guru menyampaikan beberapa
pertanyaan sekitar materi pembelajaran yang hendak dibahas.
c. Guru menjelaskan secara singkat keutamaan orang yang pandai
membaca Al-Qur’an.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan hukum bacaan mim sukun (ada tiga macam),
yaitu idgwm mrmr, ikhfw’ syafawi, dan izhwr syafawi serta contohcontohnya.
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan saksama dan mencatat
hal-hal yang akan ditanyakan.
c. Guru memberi kesempatan tutor sebaya sebelum memberi tugas
membaca kepada masing-masing siswa.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 37
d. Guru menugasi siswa untuk membaca Surah al-Bayyinah dan al-
Kwfiryn dengan menerapkan hukum bacaan mim sukun yang benar.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menyampaikan kesempatan tanya jawab kepada siswa yang
belum paham terhadap materi pembelajaran.
b. Guru memberi motivasi kepada siswa agar gemar membaca Al-
Qur’an secara rutin setiap hari.
Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
Guru memberi pengarahan secukupnya, sebagaimana pertemuan pertama.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menugasi siswa yang belum membaca Surah al-Bayyinah dan
al-Kwfiryn pada pertemuan pertama.
b. Guru membenarkan kesalahan bacaan siswa, sebagaimana pertemuan
pertama.
3. Kegiatan Penutup
Guru menyampaikan pesan kepada siswa agar membaca Al-Qur’an
dijadikan kegiatan rutin setiap hari.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Penugasan
3. Instrumen
Bacalah Surah al-Bayyinah dan al-Kwfiryn dengan menerapkan hukum
bacaan mim sukun secara benar!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
38 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Kunci Bab V (Hukum Bacaan Mim Sukun)
A. Pilihan ganda
1. b 6. c 11. c 16. c
2. d 7. d 12. c 17. a
3. b 8. b 13. c 18. d
4. a 9. a 14. b 19. a
5. a 10. b 15. b 20. c
B. Uraian
1. karena tanpa ilmu tajwid tidak mungkin dapat membaca Al-Qur’an
secara benar dan baik
2. wajib/harus
3. ada tiga, yaitu idgwm mrmr, ikhfw’ syafawi, dan izhwr syafawi
4. idgwm mrmr hanya berlaku untuk huruf mim sukun bertemu mim,
sedangkan idgwm mutamwfilain berlaku untuk semua huruf hijaiah selain
mim, alif, dan wau
5. ÖzY oi ka –– lqR-=} äi hã –– xäF} äi kte
6. suara mim sukun di-idgwm-kan (dimasukkan) ke dalam suara mim di
depannya disertai suara dengung
7. apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf ba (å)
8. huruf mim dibaca samar antara suara mim dan ba dan dipanjangkan dua
ketukan
9. jika lebih dari satu ketukan suara mim sukun dimungkinkan menjadi
idgwm atau ikhfw’
10. o}8 éep kbn}8 kbe – 9çQã äilp9çQ k&mã vp
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 39
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 3, 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 8 × 40 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang toleransi
Kompetensi Dasar : 1. Memahami isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-
Bayyinah tentang toleransi
2. Memahami keterkaitan isi kandungan Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat
beragama dalam fenomena kehidupan
3. Menerapkan isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-
Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan seharihari
Indikator : 1. Dapat memahami isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan
al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan seharihari
2. Dapat memahami keterkaitan isi kandungan Surah
al-Kwfiryn dan al-Bayyinah tentang membangun kehidupan
umat beragama dalam fenomena kehidupan
3. Dapat menerapkan isi kandungan Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan
sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu memahami isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-
Bayyinah tentang toleransi.
2. Siswa mampu memahami keterkaitan isi kandungan Surah al-Kwfiryn
dan al-Bayyinah tentang membangun umat beragama dalam fenomena
kehidupan.
3. Siswa mampu menerapkan isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-
Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Pembelajaran
1. Isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-Bayyinah tentang toleransi
2. Keterkaitan isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-Bayyinah tentang
membangun umat beragama dalam fenomena kehidupan
40 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
3. Penerapan isi kandungan Surah al-Kwfiryn dan al-Bayyinah tentang
toleransi dalam kehidupan sehari-hari
III. Metode Pembelajaran
a. Diskusi
b. Tanya jawab
c. Tutor sebaya
d. Penugasan
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan sekitar materi pembelajaran
sebagai pretest.
b. Siswa membentuk kelompok-kelompok kecil sebagai persiapan
tutor sebaya dan/atau diskusi.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menguraikan materi pembelajaran, sedangkan siswa menyimak
dan memperhatikan.
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengadakan kegiatan
tutor sebaya dalam membaca dalil-dalil naqli.
c. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca dalil naqli
secara bergiliran dengan memanfaatkan tutor sebaya.
3. Kegiatan penutup
a. Guru memberi kesempatan tanya jawab kepada siswa tentang materi
pembelajaran yang belum dipahami.
b. Guru meyimpulkan pembahasan materi pembelajaran.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Bacalah baik-baik Surah al-Kwfiryn dan al-Bayyinah secara bergilir!
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 41
b. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1) Apakah yang dimaksud toleran? Kemukakan contohnya!
2) Tunjukkan dalil naqli tentang perintah bersikap toleran!
3) Bolehkah kita fanatik dalam beragama? Jelaskan!
4) Kemukakan dalil tentang fanatik beragama!
5) Adakah batas-batas toleran dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
Kunci Bab VI (Toleransi dalam Kehidupan)
A. Pilihan ganda
1. c 6. d 11. b 16. c
2. a 7. d 12. b 17. b
3. b 8. a 13. d 18. c
4. a 9. c 14. a 19. b
5. b 10. b 15. c 20. a
B. Uraian
1. karena tanpa sikap fanatik dalam beragama, seseorang tidak akan sungguh-
sungguh dalam beragama
2. dalam urusan agama, kita harus fanatik, tetapi dalam hal kemasyarakatan
kita harus bertoleransi
3. menjelaskan tentang prinsip-prinsip fanatisme beragama
4. sikap atau pendirian yang teguh dan tidak dapat dipengaruhi oleh paham
lain
5. lp9çR% äi 9çQã v
6. dalam hal apa saja, kecuali perkara yang menyangkut masalah akidah
dan ibadah
42 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
7. o}8 éep kbn}8 kbe
8. lebih memantapkan dalam melaksanakan perintah-perintah agama
9. tidak ada paksaan bagi seseorang untuk masuk Islam setelah diberikan
penjelasan tentang Islam
10. dapat hidup rukun berdampingan dengan sesama anggota masyarakat
meskipun berbeda agama atau keyakinan
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 43
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah
Kompetensi Dasar : Memahami isi kandungan Surah al-Lahab dan an-Nasr
tentang problematika dakwah
Indikator : Dapat menyebutkan kandungan Surah al-Lahab dan an-
Nasr tentang problematika dakwah
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan problematika dakwah yang terungkap dalam
Surah al-Lahab dan an-Nasr.
II. Materi Pembelajaran
Surah al-Lahab dan an-Nasr tentang problematika dakwah
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1. Kagiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru membimbing siswa membentuk kelompok-kelompok kecil
untuk persiapan diskusi.
b. Guru memilih beberapa siswa yang mampu membaca Al-Qur’an
untuk menjadi tutor sebaya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan tutor sebaya untuk membaca Surah al-
Lahab dan an-Nasr.
b. Guru membenarkan kesalahan-kesalahan bacaan yang terjadi pada
siswa.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru memberi contoh bacaan Surah al-Lahab dan an-Nasr secara
tartil.
44 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
b. Guru memberi dorongan kepada siswa agar gemar membaca Al-
Qur’an.
Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru menyampaikan pertanyaan seputar cara turunnya Al-Qur’an.
b. Siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan asbabun nuzul Surah al-Lahab dan an-Nasr tentang
problematika dakwah.
b. Siswa mencermati penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang perlu
ditanyakan.
c. Untuk menghindari kejenuhan, guru menyampaikan pertanyaan
sebagai selingan.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menyimpulkan isi kandungan Surah al-Lahab dan an-Nasr
tentang problematika dakwah.
b. Guru menyampaikan pesan kepada siswa agar memiliki kepedulian
terhadap dakwah.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
Pertemuan Pertama:
Bacalah secara bergantian Surah al-Lahab dan an-Nasr dengan memperhatikan
kaidah ilmu tajwid yang benar!
Pertemuan Kedua:
1. Apa yang dimaksud asbabun nuzul?
2. Jelaskan secara singkat asbabun nuzul Surah al-Lahab!
3. Mengapa disebut Surah al-Lahab?
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 45
4. Apa makna yang terkandung dari nama an-Nasr?
5. Apakah problematika dakwah yang terungkap dalam Surah al-
Lahab?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
46 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke- : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : Menerapkan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah
Kompetensi Dasar : Menerapkan kandungan Surah al-Lahab dan an-Nasr dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Dapat menjelaskan tentang penerapan kandungan Surah
al-Lahab dan an-Nasr dalam kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan cara-cara menerapkan isi kandungan Surah al-
Lahab dan an-Nasr tentang problematika dakwah.
II. Materi Pembelajaran
Penerapan kandungan Surah al-Lahab dan an-Nasr dalam kehidupan sehari-hari
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah 3. Diskusi
2. Tanya Jawab
IV. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kagiatan Pendahuluan (Apersepsi)
a. Guru membimbing siswa membentuk kelompok-kelompok kecil
untuk persiapan diskusi.
b. Guru menyampaikan beberapa pertanyaan seputar problematika
dakwah yang dibahas pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang
metode dakwah yang baik. Hal ini dilakukan kurang lebih 30
menit.
b. Guru membahas simpulan diskusi secara singkat.
c. Guru menjelaskan cara menerapkan isi kandungan Surah al-Lahab
dan an-Nasr dalam melaksanakan dakwah.
3. Kegiatan Penutup
a. Guru menyimpulkan uraian tentang penerapan isi kandungan kedua
surah tersebut.
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 47
b. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal
yang dirasa
belum jelas.
V. Sumber Belajar
1. Buku Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT. Tiga Serangkai Solo
2. LKS PAI Madrasah Tsanawiyah
3. Buku lain yang relevan
VI. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen
a. Mengapa pelaksanaan dakwah harus didukung dengan metode yang
baik?
b. Setiap pelaksanaan dakwah mengandung risiko. Apakah maksud
dari risiko dakwah itu?
c. Bagaimanakah sikap yang perlu dimiliki mubalig saat menghadapi
rintangan dalam berdakwah?
d. Sebutkan dua cara penerapan isi kandungan Surah al-Lahab dan an-
Nasr!
e. Siapakah yang wajib melaksanakan dakwah Islam?
.........., .............
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Al-Qur’an dan Hadis
...................................... ...............................................
NIP. NIP.
Kunci Bab VII (Problematika Dakwah)
A. Pilihan ganda
1. a 6. a 11. c 16. c
2. b 7. c 12. d 17. b
3. d 8. b 13. a 18. a
4. a 9. b 14. c 19. b
5. c 10. a 15. d 20. c
48 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
B. Uraian
1. secara bahasa, dakwah berarti ajakan atau seruan. Secara istilah, dakwah
berarti setiap kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak, atau memanggil
orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai akidah Islam
2. sikap Abu Lahab yang menentang keras terhadap dakwah Nabi Muhammad
saw.
3. karena beliau menyiarkan agama yang bertentangan dengan agama kaum
Quraisy pada saat itu
4. memerintah pada kebaikan sesuai syariat Islam dan melarang dari kemaksiatan
contoh amar ma’ruf adalah mengajak teman menghadiri pengajian
contoh nahi munkar adalah mengingatkan teman yang menyontek ketika
ulangan
5. agar pelaksanaan dakwah sesuai dengan kondisi objek sehingga diharapkan
dakwah dapat berhasil baik
6. a. pikmah (bijaksana): dakwah dilakukan pendekatan persuasif sehingga
tidak menimbulkan gejolak
b. mau’izah pasanah (nasihat baik): dakwah dilakukan dengan memberikan
nasihat-nasihat
c. jidwl (dialog): dakwah dilakukan dengan cara bertukar pikiran menurut
ketentuan agama
7. penaklukan Kota Mekah yang dilakukan Rasulullah saw. beserta para
sahabat
8. adanya penyerangan terhadap pasukan Khalid bin Walid oleh tentara kafir
Quraisy dan dikhianatinya Perjanjian Hudaibiyah oleh kafir Quraisy
9. tahun 8 Hijriah
10. memperbanyak membaca tasbih untuk memuji Allah dan memohon
ampunan atas segala dosa
Kunci Latihan Ulangan Umum Semester II
A. Pilihan ganda
1. d 11. b 21. b 31. d
2. b 12. a 22. a 32. b
3. b 13. a 23. a 33. a
4. c 14. b 24. d 34. c
5. d 15. b 25. b 35. b
6. b 16. b 26. c 36. a
7. b 17. b 27. a 37. c
8. c 18. a 28. c 38. b
9. b 19. a 29. d 39. b
10. c 20. c 30. b 40. b
RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1 49
B. Uraian
1. ada tiga, yaitu idgwm mrmr, ikhfw’ syafawi, dan izhwr syafawi
2. idgwm mrmr hanya berlaku untuk huruf mim sukun bertemu mim,
sedangkan idgwm mutamwfilain berlaku untuk semua huruf hijaiah selain
mim, alif, dan wau
3. skema hukum bacaan mim sukun h
|qZFeã <ätÎöã |qZFeã xäZ5öã éj~jeã häU8öã
D @ > < : 8 4 0 , ( $ ã å h
l d ! \ X T P Í É L H
| x v s p
4. huruf fa (X) dan wau (p)
5. Contoh idgwm mrmr: Õ9IÒi kt~fQ – w*i kte
Contoh ikhfw’ syafawi: GniÒjæ ks – Õ<ä.2æ kt~i=%
6. ada, yaitu bukan dalam hal akidah dan ibadah
7. Ù& 9çQã äilp9çQ k&mã vp Ø% lp9çR% äi 9çQã v Ø$ lp=Zbeã ät}ä} g]
á) o}8 éep kbn}8 kbe Ú( 9çQã äi lp9çQ k&mã vp Ø#k% 9çQ äi 9æäQøùmã vp
Inti surah tersebut adalah kita wajib bersikap fanatik dalam beragama,
tetapi juga harus memiliki sikap toleran atau tenggang rasa dengan
pemeluk agama lain
8. mereka menolak atau tidak mau beriman dan mengingkari janji mereka
sendiri
9. celaan terhadap Nabi Muhammad saw. ketika berdakwah di Bukit Safa
10. a. dakwah harus dilakukan dengan sabar dan metode yang baik
b. setelah dakwah berhasil, kita tidak boleh sombong karena semua itu
atas izin Allah sehingga kita harus bertasbih memuji-Nya dan memohon
ampunan kepada-Nya
50 RPP Paham Qur’an Hadis MTs 1 R1
Daftar Pustaka
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Departemen Agama. 2008. Permenag Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar
Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di
Madrasah. Jakarta: Depag.
Ibrahim, T. dan H. Darsono. 2009. Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis 1 untuk Kelas
VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai.
PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar