Kamis, 18 November 2010

silabus dan rpp sejarah kebudayaan islam

MODEL
PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI
SOLO
Darsono dan T. Ibrahim
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah
Tonggak
Sejarah Kebudayaan
Islam 1
Berdasarkan Standar Isi Madrasah Tsanawiyah Tahun 2008
Penulis : Darsono dan T. Ibrahim
Editor : Rofiqoh
Penata letak isi : Nining Lusiati
Tahun terbit : 2009
Diset dengan Power Mac G4, font: Times 10 pt
Preliminary : iv
Halaman isi : 26 hlm.
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm
Ketentuan Pidana Sanksi Pelanggaran
Pasal 72
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002
Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1987
tentang Hak Cipta
1. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau
memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana
dengan pidana penjara paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau
denda paling sedikit Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana
penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan,
memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum sesuatu
ciptaan barang atau hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait
sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dipidana dengan pidana
penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak
Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
© Hak cipta dilindungi
oleh undang-undang.
All rights reserved.
Penerbit
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
Jalan Dr. Supomo 23 Solo
Anggota IKAPI No. 19
Tel. 0271-714344,
Faks. 0271-713607
http://www.tigaserangkai.com
e-mail: tspm@tigaserangkai.
co.id
Dicetak oleh percetakan
PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah
Tonggak
Sejarah Kebudayaan Islam 1
iii
Kata Pengantar
Rasa syukur senantiasa kami panjatkan ke hadirat Allah swt. yang telah melimpahkan
karunia dan nikmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan buku Model
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini. Buku ini kami susun
sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.
Model Silabus dan RPP ini mengacu pada buku pelajaran Tonggak Sejarah
Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah tulisan Darsono dan
T. Ibrahim yang diterbitkan oleh PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Penyusunan
Model Silabus dan RPP ini berpedoman pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
dan Standar Isi (SI) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di madrasah sebagaimana
tertuang dalam Permenag No. 2 Tahun 2008. Selain itu, Model Silabus
dan RPP ini juga merujuk pada pedoman penyusunan KTSP yang dikeluarkan oleh
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Model Silabus dan RPP ini hanya merupakan alternatif bagi guru dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, guru dapat
mengembangkannya sesuai kreativitas guru sekaligus disesuaikan dengan kondisi
sekolah, potensi daerah, serta kebutuhan siswa. Harapan kami, Model Silabus dan
RPP ini dapat membantu kelancaran proses pembelajaran di sekolah.
Solo, Mei 2009
Penulis
iv
Daftar Isi
Kata Pengantar_________________________________________________ iii
Daftar Isi______________________________________________________ iv
Silabus _______________________________________________________ 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ___________________________ 8
Daftar Pustaka__________________________________________________ 25
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
SILABUS
Nama Sekolah : .......
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : Memahami sejarah kebudayaan Islam
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Menjelaskan
pengertian kebudayaan
Islam
• Menjelaskan tujuan
dan manfaat
mempelajari sejarah
kebudayaan
Islam
• Mengidentifi­kasi
bentuk/wujud
kebudayaan Islam
• Sejarah kebudayaan
Islam
• Mampu menjelaskan
pengertian
kebudayaan Islam
• Mampu menjelaskan
tujuan dan
manfaat mempelajari
sejarah
kebudayaan Islam
• Mampu menjelaskan
bentuk/wujud
kebudayaan Islam
• Siswa mendengarkan
penjelasan tentang
pengertian kebudayaan
Islam, tujuan dan manfaat
mempelajari sejarah
kebudayaan Islam, serta
bentuk/wujud kebudayaan
Islam dari guru.
• Siswa melakukan tanya
jawab tentang pengertian
kebudayaan Islam, tujuan
dan manfaat mempelajari
sejarah kebudayaan
Islam, serta bentuk/wujud
kebudayaan Islam
dengan guru.
• Siswa menjelaskan
tentang pengertian kebudayaan
Islam, tujuan dan
manfaat mempelajari sejarah
kebudayaan Islam,
serta bentuk/wujud
kebudayaan Islam secara
mandiri (di depan kelas
disaksikan teman-teman
dan guru).
Tugas individual
dan tugas kelompok
dengan unjuk kerja,
tes lisan, dan tes
tertulis
12 jam pelajaran
(12 × 40 menit),
6 kali pertemuan
• Buku Tonggak
Sejarah Kebudayaan Islam
1 untuk
Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT Tiga Serangkai,
Solo
• Buku-buku lain yang
relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Nama Sekolah : .......
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Mekah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Mendeskripsikan
misi Nabi
Muhammmad
saw. sebagai
rahmat bagi alam
semesta, pembawa
kedamaian,
kesejahteraan,
dan kemajuan
masyarakat
• Mengambil ibrah
dari misi Nabi
Muhammmad
saw. sebagai
rahmat bagi alam
semesta, pembawa
kedamaian,
kesejahteraan,
dan kemajuan
masyarakat untuk
masa kini dan
yang akan datang
• Dakwah Nabi
Muhammad
saw. di Mekah
• Mampu menjelaskan
misi Nabi
Muhammad
saw.
sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa
kedamaian,
kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat
• Mampu mengambil
ibrah dari misi Nabi
Muhammad saw.
sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa
kedamaian,
kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat
untuk masa kini dan
yang akan datang
• Mampu meneladani
perjuangan Nabi
Muhammad saw.
dan para sahabat
dalam menghadapi
masyarakat Mekah
• Siswa mendengarkan
penjelasan tentang misi,
ibrah, dan keteladanan
perjuangan dakwah Nabi
Muhammad saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat
dari guru.
• Siswa melakukan tanya
jawab tentang misi,
ibrah, dan keteladanan
perjuangan dakwah Nabi
Muhammad saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta,
pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat dengan
guru.
Tugas individual
dan tugas kelompok
dengan unjuk kerja,
tes lisan, dan tes
tertulis
12 jam pelajaran
(12 × 40 menit),
6 kali pertemuan
• Buku Tonggak
Sejarah Kebudayaan
Islam
1 untuk
Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT Tiga Serangkai,
Solo
• Buku-buku lain
yang relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Meneladani
perjuangan Nabi
Muhammad saw.
dan para sahabat
dalam menghadapi
masyarakat
Mekah
• Siswa menjelaskan
tentang misi, ibrah, dan
keteladanan perjuangan
dakwah Nabi Muhammad
saw. sebagai rahmat
bagi alam semesta,
pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat secara
mandiri (di depan kelas
disaksikan teman-teman
dan guru).
Nama Sekolah : .......
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Mendeskripsikan
sejarah Nabi
Muhammad saw.
dalam membangun
masyarakat
melalui kegiatan
ekonomi dan
perdagangan
• Dakwah Nabi
Muhammad saw.
di Madinah
• Mampu menjelaskan
sejarah Nabi
Muhammad saw.
dalam membangun
masyarakat Madinah
melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan
• Siswa mendengarkan
penjelasan tentang sejarah,
ibrah, dan teladan
Nabi Muhammad saw.
dalam membangun masyarakat
Madinah melalui
kegiatan ekonomi
dan perdagangan untuk
masa kini dan yang akan
datang dari guru.
Tugas individual
dan tugas kelompok
dengan unjuk kerja,
tes lisan, dan tes
tertulis
12 jam pelajaran
(12 × 40 menit),
6 kali pertemuan
• Buku Tonggak
Sejarah Kebudayaan
Islam 1 untuk Kelas
VII Madrasah
Tsanawiyah
terbitan PT Tiga
Serangkai, Solo
• Buku-buku lain
yang relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Mengambil ibrah
dari misi Nabi
Muhammad saw.
dalam membangun
masyarakat
melalui kegiatan
ekonomi dan
perdagangan
untuk masa kini
dan yang akan
datang
• Meneladani
semangat
perjuangan Nabi
Muhammad saw.
dan para sahabat
di Madinah
• Mampu mengambil
ibrah sejarah Nabi
Muhammad saw.
dalam membangun
masyarakat Madinah
melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan
untuk masa
kini dan yang akan
datang
• Mampu meneladani
semangat
perjuangan Nabi
Muhammad saw.
dan para sahabat di
Madinah
• Siswa melakukan tanya
jawab tentang sejarah,
ibrah, dan teladan Nabi
Muhammad saw. dalam
membangun masyarakat
Madinah melalui
kegiatan ekonomi dan
perdagangan untuk
masa kini dan yang akan
datang dengan guru.
• Siswa menjelaskan
tentang sejarah,
ibrah, dan teladan Nabi
Muhammad
saw. dalam
membangun masyarakat
Madinah melalui
kegiatan ekonomi dan
perdagangan untuk masa
kini dan yang akan datang
secara mandiri (di
depan kelas disaksikan
teman-teman dan guru).
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Nama Sekolah : .......
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Menceritakan
berbagai prestasi
yang dicapai
oleh Khulafaur
Rasyidin
• Mengambil ibrah
dari prestasi-prestasi
yang dicapai
oleh Khulafaur
Rasyidin untuk
masa kini dan
yang akan datang
• Meneladani gaya
kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin
• Khulafaur
Rasyidin
• Mampu menceritakan
berbagai prestasi
yang dicapai oleh
Khulafaur Rasyidin
• Mampu mengambil
ibrah dari prestasiprestasi
yang dicapai
oleh Khulafaur
Rasyidin untuk masa
kini dan yang akan
datang
• Mampu meneladani
gaya kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin
• Siswa mendengarkan
penjelasan tentang prestasi,
ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin
untuk masa kini dan
yang akan datang.
• Siswa melakukan tanya
jawab tentang prestasi,
ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin untuk
masa kini dan yang
akan datang dengan
guru.
• Siswa menjelaskan
tentang prestasi,
ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin
untuk masa kini dan
yang akan datang secara
mandiri (di depan kelas
disaksikan teman-teman
dan guru).
Tugas individual
dan tugas kelompok
dengan unjuk kerja,
tes lisan, dan tes
tertulis
12 jam pelajaran
(12 × 40 menit),
6 kali pertemuan
• Buku Tonggak
Sejarah Kebudayaan
Islam
1 untuk Kelas
VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan
PT Tiga Serangkai,
Solo
• Buku-buku lain yang
relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Nama Sekolah : ....
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umayyah
Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Indikator Kegiatan Pembelajaran Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Menceritakan
sejarah berdirinya
Daulah Umayyah
• Mendeskripsikan
perkembangan
kebudayaan/peradaban
Islam
pada masa Bani
Umayyah
• Mengidentifikasi
tokoh ilmuwan
muslim dan
perannya dalam
kemajuan kebudayaan/
peradaban
Islam pada masa
Bani Umayyah
• Mengambil ibrah
dari perkembangan
kebudayaan/
peradaban Islam
pada masa Bani
Umayyah untuk
masa kini dan
yang akan datang
• Dinasti
Umayyah
• Mampu menceritakan
sejarah
berdirinya Daulah
Umawiyah
• Mampu menjelaskan
perkembangan
kebudayaan/peradaban
Islam pada Bani
Umayyah
• Mampu menyebutkan
tokoh ilmuwan
muslim dan perannya
dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban
Islam pada masa
Bani Umayyah
• Mampu mengambil
ibrah perkembangan
kebudayaan/peradaban
Islam pada
masa Bani Umayyah
untuk masa kini dan
yang akan datang
• Siswa mendengarkan
penjelasan tentang berdiri
dan berkembangnya
Bani Umayyah, tokohtokoh
ilmuwan Bani
Umayyah, mengambil
ibrah dari perkembangan
Bani Umayyah, dan meneladani
kesederhanaan
serta kesalihan Umar bin
Abdul Aziz
• Siswa melakukan tanya
jawab tentang berdiri
dan berkembangnya
Bani Umayyah, tokohtokoh
ilmuwan Bani
Umayyah, mengambil
ibrah dari perkembangan
Bani Umayyah, dan meneladani
kesederhanaan
serta kesalehan Umar
bin Abdul Aziz.
Tugas individual
dan tugas kelompok
dengan unjuk kerja,
tes lisan, dan tes
tertulis.
20 jam pelajaran
(20 × 40 menit),
10 kali pertemuan
• Buku Tonggak
Sejarah
Kebudayaan
Islam 1 untuk
Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah
terbitan
PT Tiga Serangkai,
Solo
• Buku-buku lain yang
relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)
• Meneladani kesederhanaan
dan
kesalehan Umar
bin Abdul Aziz
• Mampu meneladani
kesederhanaan dan
kesalehan Umar bin
Abdul Aziz
• Siswa menjelaskan
tentang berdiri dan
berkembangnya Bani
Umayyah, tokoh-tokoh
ilmuwan Bani Umayyah,
mengambil ibrah dari
perkembangan Bani
Umayyah, dan meneladani
kesederhanaan
serta kesalehan Umar
bin Abdul Aziz secara
mandiri (di depan kelas
disaksikan teman-teman
dan guru).
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke-    : 1-6
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), enam kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami sejarah kebudayaan Islam
I. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
2. Mampu menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan
Islam
3. Mampu menjelaskan bentuk/wujud kebudayaan Islam
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan pengertian kebudayaan
Islam.
2. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tujuan dan manfaat
mempelajari sejarah kebudayaan Islam.
3. Siswa diharapkan dapat memahami dan menyebutkan bentuk dan wujud
kebudayaan Islam.
IV. Materi Ajar
Sejarah Kebudayaan Islam
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
3. Buku-buku lain yang relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Persepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang pengertian kebudayaan
Islam,
tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam,
serta bentuk/wujud kebudayaan Islam. Untuk memperjelas uraian,
guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, peta, VCD,
TV, atau proyektor.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diajarkan.
4. Guru meminta siswa untuk menjelaskan pengertian kebudayaan
Islam, tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam,
serta bentuk/wujud kebudayaan Islam.
5. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut,
lalu memberikan koreksi dan atau opini.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Siswa membuat kesimpulan tentang pengertian kebudayaan Islam,
tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam, serta
bentuk/wujud kebudayaan Islam.
2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan
di rumah masing-masing.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-
sama.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
10 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
................, ...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam
...................................... .......................................
NIP. NIP.
Kunci Bab I (Sejarah Kebudayaan Islam)
A. Pilihan Ganda
1. B
2. C
3. D
4. C
5. A
6. C
7. A
8. D
9. C
10. D
B. Uraian
1. Kebudayaan masyarakat yang menganut agama Islam.
2. Pada masa Khulafaur Rasyidin konsentrasi pemerintahan Islam masih
pada dakwah dan perluasan wilayah.
3. Islam lahir di antara dua kebudayaan besar, yaitu Kebudayaan Persia dan
Romawi Timur. Namun, kebudayaan Islam tidak bersumber kepada dua
kebudayaan tersebut, tetapi bersumber kepada Al-Qur’an dan hadis.
4. Sistem khilafah dan sistem kemasyarakatan (kebijaksanaan guru)
5. Kebudayaan Islam bersumberkan kepada wahyu Allah, sementara kebudayaan
yang lain bersumberkan kepada pemikiran manusia.
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 11
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke-    : 7–12
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), enam kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Mekah
I. Kompetensi Dasar
1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammmad saw. sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat
2. Mengambill ibrah dari misi Nabi Muhammmad saw. sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
3. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat dalam
menghadapi masyarakat Mekah
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan misi Nabi Muhammad saw. sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat
2. Mampu mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
3. Mampu meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat
dalam menghadapi masyarakat Mekah
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan pengertian
kebudayaan Islam.
2. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tujuan dan manfaat
mempelajari sejarah kebudayaan Islam.
3. Siswa diharapkan dapat memahami dan meneladani perjuangan Nabi
Muhammad saw. dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah.
IV. Materi Ajar
Dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekah
V. Metode Belajar
1. Informasi 4. Diskusi
2. Tanya jawab 5. Inkuiri (penemuan)
3. Demonstrasi
12 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
3. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang misi, ibrah, dan keteladanan
perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw. sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan
alat bantu, seperti gambar, peta, VCD, TV, atau proyektor.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diajarkan.
4. Guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang misi, ibrah, dan
keteladanan perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan,
dan kemajuan masyarakat.
5. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut,
lalu memberikan koreksi dan/atau opini.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Siswa membuat kesimpulan tentang tentang misi, ibrah, dan keteladanan
perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw. sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat.
2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan
di rumah masing-masing.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa
bersama-sama.
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 13
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
................, ...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam
...................................... .......................................
NIP. NIP.
Kunci Bab II (Dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekah)
A. Pilihan Ganda
1. C
2. B
3. B
4. A
5. D
6. C
7. A
8. B
9. C
10. C
B. Uraian
1. Para sahabat Nabi Muhammad saw. yang menjadi generasi awal pemeluk
Islam
2. Sidik, amanah, fatanah, dan tablig
3. Rasa kesukuan bangsa Arab saat itu sangat kuat dan sesama suku mereka akan
saling melindungi. Sementara itu, Abu Talib dan Nabi Muhammmad saw.
masih
sama-sama satu suku bahkan satu garis keturunan, yaitu Bani Hasyim.
4. Ancaman, penganiayaan fisik, dan boikot sosial
5. Berhijrah ke tempat lain
14 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan Ke-    : 13–18
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), enam kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah
I. Kompetensi Dasar
1. Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad saw. dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad saw. dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa
kini dan yang akan datang
3. Meneladani semangat perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para
sahabat di Madinah
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw. dalam membangun
masyarakat Madinah melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
2. Mampu mengambil ibrah sejarah Nabi Muhammad saw. dalam
membangun masyarakat Madinah melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
3. Mampu meneladani semangat perjuangan Nabi Muhammad saw. dan
para sahabat di Madinah
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan sejarah Nabi
Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan.
2. Siswa diharapkan dapat menangkap dan memahami ibrah sejarah Nabi
Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan
datang.
3. Siswa diharapkan dapat memahami dan meneladani perjuangan Nabi
Muhammad saw. dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah.
IV. Materi Ajar
Dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 15
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
3. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang sejarah, ibrah, dan teladan
Nabi Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan
yang akan datang. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan
alat bantu, seperti gambar, peta, VCD, TV, atau proyektor.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diajarkan.
4. Guru meminta siswa untuk menjelaskan tentang sejarah, ibrah, dan
teladan Nabi Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini
dan yang akan datang
5. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut,
lalu memberikan koreksi dan atau opini.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Siswa membuat kesimpulan tentang sejarah, ibrah, dan teladan
Nabi Muhammad saw. dalam membangun masyarakat Madinah
melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan
yang akan datang.
16 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan
di rumah masing-masing.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa
bersama-sama.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
................, ...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam
...................................... .......................................
NIP. NIP.
Kunci Bab III (Dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah)
A. Pilihan Ganda
1. C
2. A
3. B
4. B
5. A
6. B
7. A
8. B
9. B
10. B
11. D
12. C
13. D
14. A
15. C
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 17
B. Uraian
1. Setelah Nabi Muhammad saw. berhijrah ke Madinah.
2. Penduduk asli Madinah terdiri atas penganut agama Yahudi, Nasrani, dan
paganisme. Meskipun saat itu mereka tidak rukun, tetapi mereka mempunyai
keyakinan yang sama bahwa nantinya akan lahir nabi baru yang akan
menyatukan mereka. Pada akhirnya, mereka banyak yang kecewa karena
nabi yang diyakini itu tidak berasal dari keturunan mereka.
3. Muhajirin adalah orang Islam yang hijrah dari Mekah ke Madinah. Adapun
Ansar adalah penduduk Madinah yang menerima dakwah Islam.
4. Pedagang
5. Masyarakat Muslim dan Yahudi akan hidup berdampingan dan bebas menjalankan
agamanya masing-masing; apabila salah satu diserang musuh,
yang lain wajib membantu. Apabila terjadi perselisihan antara keduanya,
penyelesaian diserahkan kepada Nabi Muhammad saw. selaku pemimpin
tertinggi di Madinah.
Kunci Latihan Ulangan Umum Semester I
A. Pilihan Ganda
1. C 6. C 11. D 16. B 21. A
2. A 7. B 12. A 17. B 22. C
3. C 8. C 13. B 18. A 23. B
4. C 9. A 14. A 19. A 24. B
5. D 10. D 15. B 20. A 25. A
B. Uraian
1. Al-Qur’an dan hadis.
2. Pada masa Khulafaur Rasyidin, konsentrasi pemerintahan Islam masih
pada dakwah dan perluasan wilayah.
3. Tahapan menampilkan akhlak terpuji bertujuan menampilkan citra kepribadian
yang baik. Tahapan dakwah diam-diam bertujuan untuk mencari
kader dan pendukung. Tahapan dakwah terbuka bertujuan untuk memisahkan
antara pendukung dan penentang. Tahapan hijrah bertujuan untuk menyusun
kekuatan.
4. Adanya Perjanjian Aqabah sampai dua kali.
5. Kelompok Yahudi dan Arab. Kelompok Yahudi terdiri atas suku Bani
Qainuqa,
Bani Nadir, dan Bani Quraizah. Kelompok Arab terdiri atas suku
Aus dan Khazraj. Agama yang ada sebelum datangnya Islam adalah agama
Yahudi, Nasrani dan Pagan.
18 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke-    : 1–6
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), enam kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin
I. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaur Rasyidin
2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaur
Rasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
II. Indikator
1. Mampu menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaur
Rasyidin
2. Mampu mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh
Khulafaur Rasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
3. Mampu meneladani gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan berbagai prestasi
yang dicapai oleh Khulafaur Rasyidin.
2. Siswa diharapkan dapat menangkap dan memahami ibrah dari prestasiprestasi
yang dicapai oleh Khulafaur Rasyidin untuk masa kini dan
yang akan datang.
3. Siswa diharapkan dapat memahami dan meneladani gaya kepemimpinan
Khulafaur Rasyidin.
IV. Materi Ajar
Khulafaur Rasyidin
V. Metode Belajar
1. Informasi 4. Diskusi
2. Tanya jawab 5. Inkuiri (penemuan)
3. Demonstrasi
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
2. Buku-buku lain yang relevan
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 19
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang prestasi, ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk masa kini dan yang
akan datang. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan
alat bantu, seperti gambar, peta, VCD, TV, atau proyektor.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diajarkan.
4. Guru meminta siswa untuk menjelaskan prestasi, ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk masa kini
dan yang akan datang.
5. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut,
lalu memberikan koreksi dan/atau opini.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Siswa membuat kesimpulan tentang prestasi, ibrah, dan keteladanan
gaya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin untuk masa kini dan
yang akan datang.
2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan
di rumah masing-masing.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-
sama.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
20 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
................, ...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam
...................................... .......................................
NIP. NIP.
Kunci Bab IV (Khulafaur Rasyidin)
A. Pilihan Ganda
1. D 11. B
2. B 12. B
3. A 13. A
4. B 14. B
5. B 15. D
6. B 16. C
7. B 17. C
8. B 18. B
9. B 19. C
10. C 20. C
B. Uraian
1. Karena saat itu yang paling pantas menggantikan Khalifah Abu Bakar
hanya
Umar bin Khattab. Penunjukan itu juga didukung oleh semua sahabat
Nabi.
2. Karena Mesir merupakan tempat strategis untuk menaklukkan Byzantium
pusat kerajaan Romawi Timur.
3. Saat itu, sahabat yang paling tinggi ilmu dan kesalehannya memang ada
tujuh orang. Akan tetapi, karena salah satu dari ketujuh orang itu adalah
Abdullah bin Umar (anak Umar bin Khattab), ia tidak dicalonkan menjadi
pengganti khalifah. Khalifah Umar bin Khattab mengkhawatirkan hubungan
kekeluargaan itu dapat memengaruhi keputusan dewan.
4. Mekah, Suriah, Basrah, dan Kufah
5. Prioritas untuk menyelesaikan pembunuhan Khalifah Usman bin Affan. Ali
menginginkan masalah kekhalifahan diutamakan, sedangkan Muawiyah
menginginkan penyelesaian pembunuhan Khalifah diutamakan.
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 21
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VII/2
Pertemuan Ke-    : 7–16
Alokasi Waktu : 20 jam pelajaran (20 × 40 menit), sepuluh kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umayyah
I. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Umawiyah
2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada
Bani Umayyah
3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umayyah
4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Umayyah untuk masa kini dan yang akan datang
5. Meneladani kesederhanaan dan kesalehan Umar bin Abdul Aziz
II. Indikator
1. Mampu menceritakan sejarah berdirinya Daulah Umawiyah
2. Mampu menjelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada
Bani Umayyah
3. Mampu menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam
kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umayyah
4. Mampu mengambil ibrah perkembangan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Umayyah utnuk masa kini dan yang akan datang
5. Mampu meneladani kesederhanaan dan kesalehan Umar bin Abdul Aziz
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan sejarah berdirinya
Daulah Umawiyah.
2. Siswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umayyah.
3. Siswa diharapkan dapat memahami dan menyebutkan tokoh ilmuwan
muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam
pada masa Bani Umayyah.
4. Siswa diharapkan dapat menangkap dan memahami ibrah perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umayyah untuk masa
kini dan yang akan datang.
5. Siswa diharapkan dapat memahami dan meneladani kesederhanaan dan
kesalehan Umar bin Abdul Aziz.
22 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
IV. Materi Ajar
Khulafaur Rasyidin
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas VII Madrasah
Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
2. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Persepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang berdiri dan berkembangnya
Bani Umayyah, tokoh-tokoh ilmuwan Bani Umayyah, mengambil
ibrah dari perkembangan Bani Umayyah, dan meneladani kesederhanaan
serta kesalehan Umar bin Abdul Aziz. Untuk memperjelas
uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, peta,
VCD, TV, atau proyektor.
2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan
pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui
sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah
diajarkan.
4. Guru meminta siswa untuk menjelaskan perihal berdiri dan berkembangnya
Bani Umayyah, tokoh-tokoh ilmuwan pada masa Bani
Umayyah, mengambil ibrah dari perkembangan Bani Umayyah,
dan meneladani kesederhanaan serta kesalehan Umar bin Abdul
Aziz.
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 23
5. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut,
lalu memberikan koreksi dan/atau opini.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Siswa membuat kesimpulan tentang berdiri dan berkembangnya
Bani Umayyah, tokoh-tokoh ilmuwan Bani Umayyah, mengambil
ibrah dari perkembangan Bani Umayyah, dan meneladani kesederhanaan
serta kesalehan Umar bin Abdul Aziz.
2. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan
di rumah masing-masing.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-
sama.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan
materi yang disampaikan.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan
siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
................, ...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Sejarah Kebudayaan Islam
...................................... .......................................
NIP. NIP.
Kunci Bab 5 (Dinasti Umayyah)
A. Pilihan Ganda
1. C 6. B 11. D 16. C 21. A
2. A 7. C 12. C 17. B 22. B
3. B 8. C 13. A 18. D 23. A
4. A 9. C 14. B 19. A 24. D
5. D 10. A 15. B 20. A 25. B
B. Uraian
1. Peristiwa fathu makkah
2. Menjabat sebagai gubernur di Damaskus (Suriah)
24 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
3. Perang Siffin merupakan puncak pertentangan antara Khalifah Ali bin
Abi Talib dan Gubernur Damaskus Muawiyah bin Abi Sufyan. Muawiyah
tidak mau mengakui kekhalifahan Ali sebelum peristiwa terbunuhnya
Khalifah Usman bin Affan diselesaikan. Dalam kondisi terdesak,
pasukan Muawiyyah
bersiasat untuk melakukan gencatan senjata dengan
menggunakan
Al-Qur’an. Peristiwa itu dikenal sebagai tahkim. Peristiwa
tahkim melahirkan kelompok Khawarij.
4. Muawiyah bin Abi Sufyan, Yazid bin Muawiyah, dan Umar bin Abdul
Aziz (kebijaksanaan guru).
5. Membukukan hadis-hadis Nabi Muhammmad saw.
Kunci Latihan Ulangan Umum Semester II
A. Pilihan Ganda
1. A 11. A 21. B 31. B
2. B 12. C 22. B 32. A
3. D 13. A 23. A 33. D
4. B 14. D 24. A 34. C
5. B 15. A 25. A 35. A
6. C 16. C 26. C 36. C
7. A 17. A 27. A 37. A
8. B 18. B 28. A 38. C
9. D 19. D 29. A 39. A
10. C 20. C 30. B 40. A
B. Uraian
1. Untuk menjaga objektivitas dewan, mengingat Abdullah bin Umar adalah
anak Khalifah Umar bin Khattab. Atau dapat dikatakan, keputusan Khalifah
Umar bin Khattab bertujuan menghindari nepotisme.
2. Hasan bin Ali lebih mengutamakan keutuhan umat Islam dan bertujuan
menghindari korban yang lebih banyak lagi.
3. Menegakkan kebenaran dan keadilan di semua bidang serta mengganti pejabat
yang melanggar agama atau bertindak zalim terhadap rakyatnya.
4. Karena sistem administrasi orang-orang Romawi dan Persia dianggap lebih
baik daripada sistem administrasi orang Arab. Namun, sistem administrasi
Romawi dan Persia tetap harus disesuaikan dengan syariat Islam.
5. Melakukan ekspansi ke daerah-daerah sekitar wilayah Daulah Umayyah.
RPP Sejarah Islam MTs 1 R1 25
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Darsono dan T. Ibrahim. 2009. Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1 untuk Kelas
VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai.
Departemen Agama. 2008. Permenag Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi
dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Jakarta: Depdiknas.
PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Daftar Pustaka
26 RPP Sejarah Islam MTs 1 R1
Catatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar